Belitung Timur – Dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Sail Indonesia Raja Ampat Belitung Timur 2014, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar berbagai event, pada tanggal 10-14 Oktober.

Berbagai kegiatan digelar di dua tempat, yaitu Pantai Serdang Desa Baru dan Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan Manggar.

Disbudpar berharap masyarakat dapat melihat potensi ekonomi yang ada dan ikut berperan serta mengembangkan ekonomi kreatif pada saat event berlangsung.

Rangkaian kegiatan Sail Indonesia Raja Ampat-Belitung Timur 2014 terdiri dari Welcome Party, Pagelaran Kesenian Daerah, Festival Bahari, Lomba Kater, Festival Warna Warni atau Beltim Fashion Karnaval, Lomba Foto, Pameran dan Bazar, serta puncaknya Batik Beltim Fashion Show di Pantai Lalang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Helly Chandra berharap masyarakat Belitung Timur tidak hanya menjadi penonton, namun dapat ambil bagian di dalamnya. Seperti menyiapkan air bersih untuk dijual ke para yachter, menyewakan mobil atau kendaraannya, menjadi ojek, pemandu, mencuci perlengkapan, atau ikut menjual sesuatu pada bazar yang berlangsung selama kegiatan sail.

Para peserta Yatch Rally Sail Indonesia 2014 Raja Ampat yang mayoritas berasal dari luar negeri mengungkapkan kekagumannya atas pelaksanaan Festival Warna Warni Sejuta Pelangi 2014 di Belitung Timur. Mereka memuji kreatifitas dan ide karnaval yang cukup menarik dan orisinil.

Bupati Belitung Timur, Basuri T Purnama resmi menutup Sail Indonesia Raja Ampat-Belitung Timur tahun 2014 di panggung pantai Nyiur Melambai pada hari Selasa (14/10) malam. Penutupan acara ini bersamaan dengan pelaksanaan fashion show 2014 Batik Belitung Timur.

Basuri mengatakan kesuksesan pelaksanaan sail dengan ragam acaranya merupakan milik semua masyarakat Belitung Timur. Terima kasih kepada seluruh elemen, masyarakat dan para yachter yang telah menyempatkan diri mengikuti dan menghadiri semua acara.

“Terima kasih semuanya. Semoga di tahun depan semua lebih baik,” kata Basuri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Helly Candra mengatakan sail ini membuka peluang pengembangan pariwisata Belitung Timur.