Laporan Belitung Piknik, Endro Siswono

Belitungpiknik.com, Gantung Belitung Timur – Pulau Meriam adalah salah satu Pulau tak berpenghuni yang terletak di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Luas Pulau Meriam ini hanya 3,11 Ha dan berada pada titik koordinat 3 13 53 LS 108 17 18 BT. Akses terdekat untuk menuju Pulau ini adalah dari Dermaga Pantai Gusong Chine yang terletak di desa Batu Penyu Kecamatan Gantunng, Kabupaten Belitung Timur.

Pulau Meriam ini merupakan salah satu Pulau Eksotis yang terdapat di Kabupaten Belitung Timur, namun sayang akses untuk menuju Pulau ini masih sangat sulit untuk ditempuh para Traveler yang ingin mencari sensasi liburan di Pulau tak berpenghuni. Hal ini disebabkan karena akses jalan menuju dermaga Pantai Gusong Chine dalam kondisi memprihatinkan, jalan menuju Dermaga Pantai Gusong Chine masih berupa jalan tanah merah dan berlobang.

Pulau ini memiliki garis pantai yang membentuk sebuah gosong yang sangat indah. Pulau ini dikelilingi terumbu karang yang masih dalam kondisi baik, walaupun beberapa ada yang rusak akibat jangkar nelayan dan praktek pengeboman dan penyemprotan potasium pada masa lampau.


Pulau Meriam sangat cocok untuk Travelers yang ingin mencari spot baru untuk berlibur, camping, snorkeling, scuba divig, dan memancing. Semoga kedepannya Pulau Meriam ini mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, sehingga para Travelers akan semakin ramai berkunjung ke Pulau Meriam dan Industri Pariwisata Kabupaten Belitung Timur semakin berkembang. (Es)

Jika Traveler ingin berkunjung ke Pulau ini, silahkan klik —-> Paket Tour Belitung 2020