Laporan Belitung Piknik, Endro Siswono

BELITUNGPIKNIK.COM, Belitung – Jika di Daerah Istimewa Yogyakarta ada kuliner lokal yang sangat terkenal yaitu Nasi Kucing, dan lain pula di Pulau Bali ada Nasi Jinggo yang bisa anda nikmati ketika malam menjelang. Dan sekarang jika anda berkunjung ke Pulau Belitung anda bisa menikmati Nasi Kuli sebagai menu sarapan anda. Tampilan dan harganya juga hampir mirip dengan Nasi Kucing dan Nasi Jinggo, sama-sama murah, dan tentunya sama-sama enak.

Ozzie Azura Zura selaku pembuat ide nasi yang dibungkus daun simpor ini menyebutnya sebagai revolusi makanan murah. Walaupun murah, soalnya cita rasa, tetap menggoyang lidah. Menu Nasi Kuli ini diperkenalkan untuk menambah varian kuliner yang enak dan murah, bagi masyarakat Belitung. Khususnya buat anak sekolah dan pekerja. Hanya dengan harga Rp 4 ribu sudah bisa menikmati nasi yang berisi lauk ikan pais atau ikam goreng, plus Tempe, sambal dan Mie Belitong.

Nasi Kuli yang baru dirilis pekan kemarin bisa didapatkan di Kedai 46 Radio BFM 104.6 Belitung Jalan Jendral Sudirman, Tanjungpandan. Disajikan mulai dari pagi hari, menu ini sangat pas untuk sarapan para pelajar, anak kost dan pekerja. Pas di lidah juga pas di kantong.

Inspirasi pembuatan Nasi Kuli saat ia kerja di perusahaan Keramik Belitung tahun 1992 silam. Waktu itu saat lembur malam, para pekerja dapat jatah Nasi yang dibungkus daun simpor. Isinya pun sama, ada ikan pais, Mie Belitung, sambal dan tempe. “Kepikiran mau bikin menu ini sih, baru kemarin. Jadi kita coba perkenalkan dulu dengan harga Rp 4 ribu,” katanya.

Untuk mengenai harga memang sengaja ia bandrol murah dan benar-benar terjangkau. Nasi kuli juga bisa dinikmati bersama aneka minuman di Kedai 46 Radio BFM. Seperti Kopi O, teh hangat, Kupi Susu dan menu minuman lainnya. Penasaran pengen coba, yuk singgah di Kedai 46. (**)