Sebelumnya bagi gue yang dari lahir hidup di Jakarta, ke Belitung itu sama kayak ke Lombok. Ya jauhnya, ya mahalnya, ya butuh persiapannya. Ternyata anggapan gue itu salah besar! Untuk ke Belitung, kita bisa cuma modal uang Rp. 2 juta all in. Iyaaa udah semuanya!

“Wah gimana bisa tuh?”

Bisa dong. Punya tekad piknik yang kuat kan? Hahahaha. Berhubung gue udah butuh piknik banget gegara kerjaan padat, kuliah bantet, dan jam tidur sekarat, gue memaksakan diri untuk piknik ke tempat yang ‘wow’ dengan hanya bermodalkan 2 juta.

Pertama-tama gue mulai dengan nyari hashtag macam #Belitung #BelitungIsland #BelitungTrip #OpenTripBelitung dan sebagainya di Instagram untuk tau info tentang foto-foto dan travel apa aja yang menyediakan jasa explore Belitung. Sampai akhirnya gue menemukan akun Instagram @BelitungWonderful yang menyediakan Paket Open Trip Belitung 3D2N seharga Rp.845.000 Wow!

Gue pun baca-baca itinerary nya. Hmm leh ugha nich. 3 hari 2 malam all in, cuma makan aja yang gak all, alias cuma dapet 2 kali + sarapan udah dapet dari hotel. Gapapa banget! Mulailah gue liat-liat harga tiket pesawat PP Jakarta Belitung. Dalem hati, kalo tiketnya murah fix lah ke sana walaupun sendirian juga!

Bener dong ternyata murah. Pesawat PP (pulang-pergi) Jakarta Belitung dengan jam yang gue butuhkan ada yang harganya Rp.800.000 (include bagage & meals) dengan maskapai Nam Air (Sriwijaya Group). Barulah gue mikir…

Masa iya gue sendirian banget? Kalo nanti di sana peserta open tripnya pada pasangan atau geng-gengan gimana? Garing dong gue?! Akhirnya gue pun ajak sepupu gue Dani, dan temennya yang bernama Dian. Alhamdulillah mereka terpengaruh ikut hahaha..

Kita pun berangkat Sabtu 19 Agustus 2017 dengan flight pagi. Sampe di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung, kita ketemu sama tour guide dari travel dan peserta open trip lainnya yang total ada 12 orang. Setelah naroh barang di hotel, sholat, dan rebahan sebentar, cus lah kita makan mie atep dan ke destinasi wisata pertama; Pantai Tanjung Kelayang!

Pantai ini asli putih banget pasirnya. Bersih, sepi. Jauh banget sama semacam pantai Baron di Jogja yang pasirnya udah gak putih karena rame banget orang. Di sini gue dan Dani beli kelapa muda yang harganya masih terjangkau; Rp.15.000. Kita di sini dikasih waktu lama sekitar 2 jam, sebelum akhirnya kita ke pusat oleh-oleh dan ke pantai Tanjung Pendam buat liat sunset. Ihiy!

Abis liat sunset, gue dan anak-anak open trip lainnya makan di resto yang ada di pantai Tanjung Pendam. Selain makan, gue juga COD (cash on delivery) sama temen gue Novi buat beli baju Belitong desainnya. Novi adalah illustrator muda berbakat di Reinkarna, kantor asik gue yang dulu waktu tahun 2013.

Hari kedua, kita full explore ke pulau-pulau di Belitung naik kapal, alias gak ke tempat wisata selain pantai. Pertama kita ke Pantai Tanjung Tinggi. Sebagaimana ciri khasnya pantai Belitung, di pantai ini banyak batu-batu tinggi menawan yang gak tau deh ada berapa jumlahnya. Di pantai ini untuk pertama kalinya gue nyoba naik batu Belitung hahaha.

Abis dari sini gue lupa urutan nama-nama pulaunya. Pokoknya ke Pulau Batu Garuda, Pulau Lengkuas yang ada Mercusuar icon Belitung, dan lain-lain totalnya ada 6 pulau yang kita kunjungin. Di pulau ke-4 kita snorkeling sekitar 1 jam tapi gue cuma kuat beberapa menit gegara kepala udah pusing airnya masuk idung terus. Hiks. Explore pulau ini diakhiri dengan makan seafood (udah termasuk biaya open trip) di Pulau Tanjung Kepayang yang porsinya banyak dan enak banget huhuhu.. Ada keong gedenya juga gitu isinya cuma kecil, rasanya kayak cumi versi lebih enaknya. Pokoknya seafood itu kenikmatan yang hqq.

Daaan hari ketiga alias hari terakhir, kita city tour wisata di Belitung Timur yang isinya Danau Kaolin, Replika SD Laskar Pelangi, Museum Kata, dan Kampung Ahok. Di Danau Kaolin kita cuma bisa liat dan foto dari pinggir aja (gak bisa masuk ke pasir tengahnya kek yang gue liat di Instagram), tapi gapapa itu juga udah bagus. Warna danaunya beneran biru!

Udah deh sorenya kita ke Bandara H.A.S. Hanandjoeddin dan terbang ke Jakarta.. Kulit gue yang tadinya item mau beranjak jadi sawo mateng, eh gak jadi mateng alias makin kelam. Huft. Untung gue udah makan banyak. Karena gue tau pura-pura bahagia itu butuh banyak tenaga hahahaha….. Krik.

So, biaya yang gue keluarin buat Belitung Trip ini adalah:

– Tiket pesawat PP Jakarta – Tanjung Pandan: Rp.800.000
– Biaya open trip: Rp.845.000
– PP rumah – Bandara Soetta: Rp. 130.000
– Beli makan, minum, cemilan : Rp.125.000
– Oleh-oleh: Rp.100.000
– Tip guide: Rp.35.000 (patungan bertiga biar jadi Rp.100.000)

Total: kurang lebih Rp.2.035.000. Hemat banget untuk ukuran liburan ke Belitung!

Anyway di Belitung itu mataharinya terik tapi panasnya gak nyelekit kayak di Jakarta. Kayak anget aja gitu rasanya. Kata orang sih karena kelembabannya beda. So, wajib-kudu-harus pake sunblock gegara di sana kita gak ngerasa panas-panasan, tapi tiba-tiba udah gosong aja tuh kulit..

See ya on the next post. Semoga postingan ini bermanfaat yes!

Ditulis Oleh : Ukwa

Sumber : http://ukwait.blogspot.co.id/2017/09/belitung-tour-2017-ada-apa-aja-sih.html